Sabtu, 29 Desember 2012

Fungsi Aplikasi Blender



     Pada matakuliah softskill tugas kedua yang diberikan adalah mahasiswa menjelaskan fungsi aplikasi yang digunakan. nahh pada tugas ini saya menggunakan aplikasi "Blender" untuk membuat sebuah animasi.
Blender adalah program visualisasi 3D yang mempunyai fitur cukup lengkap. Kalau anda tidak asing dengan 3DS MAx, Maya, Cinema 4D atau aplikasi 3d lainnya, maka kita akan mempunyai gambaran tentang apa itu Blender, karena kurang lebih fungsinya sama saja.
Ini adalah salah satu contoh animasi atau karakter yang di buat dengan aplikasi blender:



           
         Ya, seperti itulah yang bisa anda buat di Blender. membuat karakter, animasi maupun simulasi bisa dibuat dengan program Blender ini. Dan yang lebih hebat  lagi, Blender ini gratis. Anda bisa langsung mendownloadnya dari situs Blender.org tanpa bayar, registrasi. Program ini sangat cocok untuk pembuat film, game, arsitektur, ilustrator, dan masih banyak lagi karena Blender mempunyai fitur yang sangat lengkap. mulai dari modeling, rendering,
sebenarnya, dalam produksi dibutuhkan beberapa package: modeling, tekstur, animasi dan kompusiting.

Blender adalah aplikasi untuk membuat gambar 3D bisa dibuat untuk membuat film dan lain-lain. Berikut ini adalah fungsi-fungsi beserta cara menggunakan aplikasi blender ini :

Fungsi Rotasi

    Pada umumnya software 3D itu sama, ada beberapa hal/tolls penting dalam 3D yang umumnya ada di semua software. mengenali software 3D. untuk mengenali software 3D tentu yang pertama kali adalah mengenali tampilan dan tools yang ada dalam software 3D. tapi bingung kan?.. jelas soalnya banyak tombol di situ, maka kenali duli tool utamanya.

  • Axis & Transformation tools
     Pemahaman ruang merupakan kunci utama dalam penguasaan bidang 3D. Salah satu element utama didalamnnya adalah Axis atau sumbu koordinat system (X,Y,Z). Sumbu inilah yang dijadikan sebagai kompas penunjuk arah bagi setiap komponen objek pada suatu ruang dan perubahan itu hanya bisa dilakukan dengan menggunakan transformasi (move,rotate,scale) sebagai element toolsnya.

Axis System 
      dalah perwakilan suatu arah ruang dalam aplikasi 3D yang diwakilkan dengan Sumbu X, Y ,dan Z

- Sumbu X, Y ,dan Z

 
3D transformation


  Control yang terdiri dari control gerak, cotrol rotasi, dan control     skala yang ada pada aplikasi 3D, Yaitu :
- Move
- Rotate
- Scale

Coordinat System   

     Jenis sistem kordinat dalam tampilan 3D viewport dalam aplikasi 3D yang terbagi atas beberapa jenis antara lain Global, local, normal, dan view
- Global
- local
- normal
- view

 



Fungsi Extrude

Extrude adalah menggandakan objek agar bisa membentuk suatu bentuk yang di inginkan

Pertama ganti object mode menjadi "Edit Mode"


Ganti Vertex mode menjadi "Face Select Mode" disamping tulisan "Global"



Lalu pilih salah satu sisi dari kubus dan tekan E lalu tarik


 
Fungsi Pemotongan Objek

Fungsi dari pemotongan objek ini adalah untuk kita dapat membentuk suatu objek yang kita inginkan,agar lebih rapih dan mudah

Pertama masuk "Edit mode" lalu tekan tombol ctrl+R dan pilih posisi potongan pada objek


 
Lalu jika sudah dipotong salah satu objek dapat di perpanjang menggunakan "Extrude" contohnya dapat di lihat seperti pada gambar dibawah ini : 


Saya akan menunjukan hasil karya saya dengan menggunakan cara-cara di atas, dan hasilnya seperti ini :



Hanya sedikit fungsi aplikasi blender yang saya bisa jelaskan dalam tugas ke 2 matakuliah softskill, kurang lebih nya mohon dimaklumin. Terima kasih :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar