Pada matakuliah softskill tugas kedua yang diberikan adalah mahasiswa menjelaskan fungsi aplikasi yang digunakan. nahh pada tugas ini saya menggunakan aplikasi "Blender" untuk membuat sebuah animasi.
Blender adalah program visualisasi
3D yang mempunyai fitur cukup lengkap. Kalau anda tidak asing dengan 3DS MAx, Maya, Cinema 4D atau aplikasi 3d lainnya,
maka kita akan mempunyai gambaran tentang apa itu Blender, karena kurang lebih fungsinya sama saja.
Ini adalah salah satu contoh animasi atau karakter yang di buat dengan aplikasi blender:
Ini adalah salah satu contoh animasi atau karakter yang di buat dengan aplikasi blender:
Ya, seperti itulah yang bisa anda buat di Blender.
membuat karakter, animasi
maupun simulasi bisa dibuat dengan program Blender
ini. Dan yang lebih hebat lagi, Blender
ini gratis. Anda bisa langsung mendownloadnya dari situs Blender.org
tanpa bayar, registrasi. Program ini sangat cocok untuk pembuat film, game, arsitektur,
ilustrator, dan masih banyak lagi karena Blender
mempunyai fitur yang sangat lengkap. mulai dari modeling, rendering,
sebenarnya, dalam produksi dibutuhkan beberapa package: modeling, tekstur, animasi dan kompusiting.
sebenarnya, dalam produksi dibutuhkan beberapa package: modeling, tekstur, animasi dan kompusiting.
Blender adalah aplikasi untuk membuat gambar 3D bisa dibuat untuk membuat
film dan lain-lain. Berikut ini adalah fungsi-fungsi beserta cara menggunakan
aplikasi blender ini :
Fungsi Rotasi
Pada
umumnya software 3D itu sama, ada beberapa hal/tolls penting dalam 3D yang
umumnya ada di semua software. mengenali software 3D. untuk mengenali software 3D tentu yang pertama
kali adalah mengenali tampilan dan tools yang ada dalam software 3D. tapi
bingung kan?.. jelas soalnya banyak tombol di situ, maka kenali duli tool
utamanya.
- Axis & Transformation tools
Pemahaman ruang merupakan kunci utama dalam penguasaan bidang 3D. Salah
satu element utama didalamnnya adalah Axis atau sumbu koordinat system (X,Y,Z).
Sumbu inilah yang dijadikan sebagai kompas penunjuk arah bagi setiap komponen
objek pada suatu ruang dan perubahan itu hanya bisa dilakukan dengan
menggunakan transformasi (move,rotate,scale) sebagai element toolsnya.
Axis System
dalah perwakilan suatu arah ruang dalam aplikasi 3D
yang diwakilkan dengan Sumbu X, Y ,dan Z
- Sumbu X, Y ,dan Z
3D transformation
Control
yang terdiri dari control gerak, cotrol rotasi, dan control skala yang ada pada
aplikasi 3D, Yaitu :
- Move
- Rotate
- Scale
Coordinat System
Jenis sistem kordinat dalam tampilan 3D viewport dalam aplikasi 3D yang terbagi atas beberapa jenis antara lain Global, local, normal, dan view
- Global
- local
- normal
- view
Coordinat System
Jenis sistem kordinat dalam tampilan 3D viewport dalam aplikasi 3D yang terbagi atas beberapa jenis antara lain Global, local, normal, dan view
- Global
- local
- normal
- view
Fungsi Extrude
Extrude adalah
menggandakan objek agar bisa membentuk suatu bentuk yang di inginkan
Pertama ganti
object mode menjadi "Edit Mode"
Ganti Vertex mode menjadi "Face Select Mode" disamping tulisan "Global"
Lalu pilih
salah satu sisi dari kubus dan tekan E lalu tarik
Fungsi
Pemotongan Objek
Fungsi dari
pemotongan objek ini adalah untuk kita dapat membentuk suatu objek yang kita
inginkan,agar lebih rapih dan mudah
Pertama masuk
"Edit mode" lalu tekan tombol ctrl+R dan pilih posisi potongan pada
objek
Lalu jika sudah
dipotong salah satu objek dapat di perpanjang menggunakan "Extrude"
contohnya dapat di lihat seperti pada gambar dibawah ini :
Saya akan menunjukan hasil karya saya dengan
menggunakan cara-cara di atas, dan hasilnya seperti ini :
Hanya sedikit fungsi aplikasi blender yang saya bisa jelaskan dalam tugas ke 2 matakuliah softskill, kurang lebih nya mohon dimaklumin. Terima kasih :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar